NATAS!

UKPM (Unit Kegiatan Pers Mahasiswa)

“Lawan kata dari cinta bukanlah benci, tapi apatisme”
(bunda Teresa)

Perubahan-perubahan sosial masyarakat dan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh universitas akan selalu terjadi begitu cepat dan kadang tidak terduga sebelumnya. Perubahan tersebut bisa menuju ke arah yang lebih baik tapi bisa juga malah membuat kaum tertindas dan juga mahasiswa menjadi korban kekuasaan dan birokrasi yang kebablasan. Maka dibutuhkannlah sebuah sikap kritis dari mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan untuk membuat keadaan menjadi adil dan membangun wacana publik yang bisa menyadarkan semua pihak tentang realita yang sedang terjadi sekitarnya. Untuk itu dibutuhkalah sebuah media yang jujur, adil, objektif, dan memiliki tata cara berkomunikasi yang santun. Maka hadirlah PERSMA NATAS yang berperan sebagai “anjing penjaga” (watch dog) dalam kampus Sanata Dharma.
Siapa yang menguasai informasi, dialah penguasa. Dengan produk informasi yang akurat dan pemberitaan yang berulang-ulang, media pers dapat membangkitkan kesadaran, mencerdaskan pola berpikir, bahkan dapat membuat “telinga pembacanya menjadi panas”. Di sinilah arti penting lembaga pers agar informasi tidak dikuasai oleh seorang penguasa untuk memaksakan ambisinya.
Sebagai salah satu unit kegiatan kemahasiswaan di tingkat universitas UPKM NATAS hadir sebagai media penyaimbang dan pengawas yang independen di lingkungan kampus. UPKM NATAS memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan visi dan misa universitas, yaitu memadukan nilai-nilai akademis dan nilai-nilai humanis sehingga kami memiliki visi sendiri sebagai dasar pengatur seluruh proses kerja kami yaitu menjadi wahana dan sarana kreatifitas mahasiswa menuju akademisi yang humanis.

Sejarah UPKM NATAS
Sejarah UPKM NATAS sampai sekarang belum terlacak dengan jelas. Secara historis UPKM NATAS didirikan pada tahun 1990 oleh sejumlah mahasiswa yang mempunyai minat dalam bidang jurnalistik. Ada saat dalam perjalanannya UPKM NATAS mengalami mati suri yang kemudian dibangkitkan lagi oleh mahasiswa dengan semangat semangat reformasi yang tidak rela melihat UPKM NATAS mati. Pada tahun 2004 unit kegiatan mahasiswa ini berganti nama dari UKM Penerbitan Kampus menjadi UPKM NATAS, dengan harapan roh jurnalis khas mahasiswa yang kritis, ilmiah, tajam menggigit hadir dalam mengiringi perjalanan kehidupan kampus USD. Sekarang UKPM NATAS sudah bergabung dengan Persatuan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI).

Keorganisasian
Sebagai organisasi yang menjunjung tinggi nilai demokrasi maka kedudukan tertinggi dalam organisasi kemahasiswaan ini adalah musyawarah besar yang diadakan tiap tahu satu kali. Setelah itu adalah pemimpin umum, wakil pemimpin umum, sekretaris, bendahara, dan devisi-devisi yang mempunyai tugas dan wewenang masing-masing.
Devisi-devisi yang terdapat dalam UKPM NATAS adalah:
Devisi Keredaksian
produk utama UPKM NATAS adalah majalah natas dan koran Natas hot news. Selain mencari berita, kru redaksi bertugas meramu data-data sekunder menjadi karya tulis jurnalistik yang valid dan terpercaya. Di bidang inilah kepekaan terhadap lingkungan sekitar dan ide brilian dalam menyamoaikan keganjilan atau ketimpangan realitas sangat diperlukan agar untuk kemudian dikomunikasikan kepada publik dalam bentuk tulisan-tulisan di majalah ataupun newsletter.

Devisi Perusahaan
Devisi perusahaan bekerja pada bidang pendistribusian dan pemasaran produk dari UKPM NATAS sendiri. Selain itu devisi ini juga bertugas untuk periklanan, dengan harapan ada tambahan dana untuk memproduksi majalah ataupun Natas Hot News.

Divisi Penelitian dan Pengambangan (litbang)
Divisi litbang mempunyai peran penting dalam setiap organisasi. Litbang bisa dianggap sebagai pengwas, atau bagai seorang dokter, tugas litbang adalah mengidentifikasi kekurangan-kekurangan atau penyakit yang ada dalam UKPM NATAS selanjutnya memberi diagnosis obat alternatif demi kesehatan/ kesembuhan organisasi, sehingga UKPM NATAS dapat bekerja dengan baik lagi. Melalui rapat rutin, diskusi dan nonton film diharapkan seluruh anggota dapat berkembang dan menjalankan tugasnya lebih baik. Selain itu litbang juga bertugas sebagai sebuah dinamisator dan mencari kader-kader baru dalam organisasi ini.

Program kegiatan dalam UKPM NATAS adalah sebagai berikut :
1. Penerbitan majalah NATAS setahun dua kali dan newsletter Natas Hot News (NHN) tiap dua bulan sekali. Sebagai wahana kreatifitas, NATAS diharapkan menjadi tempat mahasiswa bersikap ilmiah dan kritis. Dalam majalah isu-isu yang diangkat adalah yang bersifat keluar kampus atau global, sedangkan NHN lebih menyoroti persoalan yang berada di dalam kampus.
2. Pelatihan-pelatihan dan diskusi rutin. Kegiatan ini berguna sebagai tambahan wawasan atau pengetahuan baik untuk anggota natas sendiri maupun selain anggota natas. Misalnya pendidikan lanjut jurnalistik, diskusi tentang film, dll.
3. Untuk penerimaan angota baru maka diadakan seleksi masuk (wawancara) pendidikan dasar jurnalistik, dan magang dalam pembuatan NHN. Jangan kawatir, setiap anggota di UKPM NATAS adalah sebuah keluarga, sehingga apapun kesulitan yang dihadapi selalu ditangani bersama dan anggota yang lain yang lebih dahulu masuk akan selalu siap membantu.

Teman-teman mahasiswa Universitas Sanata Dharma, mungkin imajinasi kita akan terbang ke deretan kata-kata atau wartawan dengan segala tugasnya ketika mendengar kata ”pers” atau ”jurnalistik” atau mungkin teman-teman menganggap bahwa jurnalistik itu sulit dan menakutkan. Sebenarnya jurnalistik itu mengasikkan dan sebagai jurnalis kita mempunyai tugas mulia yaitu sebagai penyampai kebenaran dengan objektif dan jujur. Jangan takut dan cemas. Ketika hatimu tergerak untuk berpikir benar dan jujur, dan menyatakan mau bergabung dengan kami, kita sebagai keluarga akan sepenuhnya mendukung anda. Beranilah menjadi mahasiswa yang kritis namun santun. Buktikan cinta dengan menghilangkan apatisme dalam diri dan galilah kebenaran sedalam mungkin.

Jangan main-main dengan tulisan!
Salam PERSMA!

1 komentar: